Tidak ada yang menyenangkan selain berbagi hal yang positif dengan sesama.

MASALAH PERUT BUNCIT - dbaryheri

http://carasehat.net/wp-content/uploads/2014/10/Penyebab-Dan-Tips-Cara-Mengecilkan-Perut-Buncit-Dengan-Cepat-Secara-Alami-Tanpa-efek-Samping.jpg 



Rasa tidak percaya diri hampir selalu muncul ketika perut terlihat membuncit. Tidak percaya diri memakai pakaian jenis tertentu, terutama yang ‘mengekpos’ daerah perut, hingga tidak percaya diri ketika difoto. Problem lainnya, merasa sudah mati-matian melakukan olahraga atau diet, namun si perut buncit tak kunjung menyusut.

Kegemukan atau obesitas pada perut (abdominal obesity) terbagi menjadi dua jenis berdasarkan karakteristiknya, yakni kegemukan pada perut (berbentuk seperti buah apel), dan kegemukan pada pinggul (berbentuk seperti buah pir). Visceral fat, dengan ciri bentuk seperti buah apel, merupakan lemak yang terletak pada pusat, yakni kadar lemak tinggi yang terdapat di dalam organ, terutama rongga perut.

Visceral fat berbeda dengan subcutaneous fat, yang merupakan jenis lemak yang terletak pada tepi, atau lemak di bawah kulit, dengan ciri bentuk seperti buah pir. Secara kesehatan, visceralfat lebih berbahaya dibandingkan subcutaneous fat, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit.
Berbagi macam penyakit tersebut antara lain kelainan kardiovaskuler, resistensi insulin atau pra-diabetes, berbagai kelainan hati seperti perlemakan hati (fatty liver), serta kista ovarium pada wanita.

Mengapa membuncit ?
Pertama, ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang dikeluarkan. Energi yang masuk tentu saja berasal dari makanan. Dan yang membuat perut membuncit adalah makanan yang tinggi lemak, fruktosa dan karbohidrat. Fruktosa tinggi yang banyak dijumpai pada minuman bersoda, bisa menyebabkan insulin resisten lebih tinggi.

Kedua, energi yang tidak banyak dikeluarkan. Meskipun asupan energi dikonsumsi dalam jumlah normal, jika tubuh kurang gerak, otomatis akan tertimbun dalam perut.

Perbedaan energi yang masuk dan keluar, yang mana lebih banyak energi yang masuk, jika tidak digunakan akan disimpan dan menumpuk dalam visceral. Lalu apa yang menjadi ukuran over weight atau tidaknya seseorang? Yakni lingkar pinggang. Idealnya, lingkar pinggang tidak lebih dari 80 cm untuk perempuan, dan 90 cm untuk laki-laki.

Mengatasi perut buncit
Yang paling utama untuk mengurangi kelebihan lemak pada perut adalah dengan mengurangi asupan, terutama lemak, dan memperbanyak gerak. Tubuh kita membutuhkan sekitar 2200 kkal perharinya. Jadi idealnya kalori yang masuk sekitar 1500 kkal perhari. Jika anda menjalani diet atau olahraga untuk menurunkan berat badan, berat badan yang turun sebanyak 10% dalam waktu tiga bulan, atau sekitar 2-3 kg sebulan, sudah cukup. Karena jika terlalu banyak turun berat badan dalam waktu singkat malah tidak bagus.

Meningkatkan aktivitas atau berolahraga, bisa apa pun, yang sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing individu. Idealnya, jenis olahraga yang bersifat ritmikal atau aerobik, karena jenis aolahraga ini meningkatkan konsumsi oksigen; menggerakkan semua sel tubuh.

Dan tentu saja, harus dilakukan secara teratur, denga porsi yang terus naik secara bertahap, hingga mencapai puncak endurance atau ketahanan, yang tentunya akan bagus untuk pernapasan.

Atau dengan kata lain, meskipun Anda hanya mampu melakukan olahraga ringan namun dilakukan secara teratur, hal ini jauh lebih baik dari pada hanya sekali berolahraga denga porsi yang berat. Diet dan olahraga yang Anda lakukan, penting untuk melatih respirasi sel, untuk membongkar cadangan energi yang disimpan.

Dan jangan jadikan berat badan sebagai patokan berhasil atau tidaknya diet yang dilakukan, kerena yang terpenting adalah berkurangnya ukuran lingkar pinggang.

“untuk itu, lakukan diet dan olahraga untuk membantu menurunkan kadar visceral fat karena bisa merugikan kesehatan.”





0 comments:

Posting Komentar

MASALAH PERUT BUNCIT - dbaryheri