Tidak ada yang menyenangkan selain berbagi hal yang positif dengan sesama.

MEMBENTUK TUBUH IDEAL DENGAN LATIHAN KARDIO - dbaryheri




Membakar lemak tubuh untuk mendapatkan berat badan ideal bisa diperoleh melalui diet sehat dan olahraga. Diet diyakini dapat mengontrol asupan kalori dan keseimbangan nutrisi, sedangkan olahraga membantu membakar lemak berlebih pada tubuh.

Salah satu bentuk latihan yang dinilai paling efektif untuk membakar lemak adalah latihan kardio. Selain tubuh menjadi ideal, penyuka olahraga ini juga akan mendapatkan tubuh lebih sehat.

Latihan kardiovaskuler atau kardio menjadi bentuk latihan yang bertujuan melatih jantung.

Jenis latihan ini membutuhkan udara (aero) dalam bentuk oksigen. Maka, latihan kardio juga lebih populer dengan istilah latihan aerobik. Dengan latihan ini jantung akan lebih terlatih mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh secara maksimal.

Beberapa sumber mengungkapkan bahwa latihan kardio memberikan manfaat besar bagi tubuh, diantaranya membakar lemak, menguatkan organ jantung, meningkatkan stamina, dan membuat tubuh lebih energik.

Kardio dapat pula dikombinasikan dengan latihan beban sebagai upaya pembentukan tubuh. Sebaiknya latihan beban dilakukan sebelum latihan kardio. Ada banyak bentuk kardio yang dapat dilakukan. Di antaranya yaitu treadmill, jogging, berenang, lompat tali dan bersepeda.

Treadmill

Bentuk latihan treadmill umumnya dilakukan di tempat fitness. Pengguna alat treadmilldapat melakukan kardio dengan berlari. Namun, jika belum mampu utuk berlari, seseorang yang berlatih ini dapat mengawalinya dengan jalan cepat.

Selama beberapa latihan, tingkat kecepatan, dan lama waktu latihan harus selalu ditambah untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain membakar lemak, latihan ini juga bermanfaat untuk melatih otot perut.

Jogging

Jika enggan melakukan latihan kardio di tempat fitness, jogging dapat menjadi pilihan kardio. Latihan di tempat terbuka dapat dilakukan di mana saja, seperti stadion olahraga umum, atau jogging track di sekitar perumahan. Namun, konsistensi tetap dibutuhkan agar lemak dalam tubuh benar-benar terbakar.

Berenang

Bentuk latihan kardio lain yaitu berenang. Latihan ini akan melatih kekuatan, pernapasan, dan pembentukan tubuh. Maka, tidak heran jika banyak atlet renang memiliki tubuh indah dan ideal. Olahraga ini menjadi latihan pengencangan yang baik karena melibatkan hampir seluruh otot tubuh.

Bersepeda

Selain treadmill, latihan kardio dapat dilakukan di atas sepeda stasioner. Dengan sepeda yang dirancang khusus dapat membantu untuk mengatur kecepatan dan berat beban saat mengayuh.

Sama seperti treadmill, melakukan olahraga ini dengan cara tempo meningkat. Awali dari kecepatan rendah hingga kecepatan maksimal. Kemudian turunkan kembali kecepatan secara bertahap. Olahraga ini dapat membantu membakar lemak dan mengencangkan otot perut maupun paha.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pembentukan tubuh, ada beberapa strategi yang bisa diperhatikan.

Bagi yang memiliki kadar lemak tinggi, jatah waktu latihan kardio sebaiknya lebih banyak daripada latihan beban.

Porsi latihan tersebut tentu berbeda dengan orang yang memiliki kadar lemak rendah. Waktu latihan kardio sebaiknya sama atau lebih rendah daripada latihan beban.

Detak jantung perlu diperhatikan ketika melakukan aktivitas kardio dalam olahraga permainan. Karena, dengan tempo yang tidak terkendali, detak jantung dapat melebihi 80%. Bila detak jantung sudah mencapai ambang tertinggi, sebaiknya latihan dihentikan.

Aktivitas tersebut akan menunjukkan hasil maksimal bila dilakukan secara rutin. Agar lebih menyenangkan, seseorang dapat memanfaatkan musik sebagai pengiring selama latihan. Namun yang penting adalah menyukai bentuk latihan tersebut dan konsisten pada jadwal yang disusun. Karena ini menjadi awal untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.




0 comments:

Posting Komentar

MEMBENTUK TUBUH IDEAL DENGAN LATIHAN KARDIO - dbaryheri