Tidak ada yang menyenangkan selain berbagi hal yang positif dengan sesama.

DAUN ENCOK OBAT REMATIK - dbaryheri



Tanaman encok memiliki nama latin Plumbago zeylanica L. dan memiliki beragam nama d tiap daerah seperti poksor, kareka, ki encok dan bawa. Tanaman encok termasuk tanaman semak yang memiliki batang lunak, tumbhnya berumpun, memiliki daun bulat telur, bunga berwarna putih dalam tandan, memiliki buah memanjang berbentuk kecil dan berbulu kasar berperekat, serta berwarna hijau sewaktu muda.
Sebagai tanaman herbal keluarga tanaman ini juga dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini banyak hidup liar di Madura, Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Tumbuhan ini jarang dijumpai di Kalimantan dan Maluku.
Beragam khasiat bisa didapat dari tumbuhan ini, diantaranya sebagai obat kelainan saluran kencing seperti kencing sedikit  karena panas dalam, kencing berlemak, bengkak yang disebabkan karena penyakit ginjal, batu empedu, infeksi saluran kencing, batu ginjal dan kencing berdarah. Selain itu tanaman ini juga dapat digunakan untuk megobati radang prostat, influenza, demam, batuk rejan (portusis), radang saluran napas (bronkitis), disentri, nyeri lambung dan masih banyak lagi.
Selain daunnya yang biasa digunakan untuk obat herbal,akar tanaman encok juga dapat dimanfaatkan sebagai obat leukore (keputihan) dan nyeri otot. Biji tanaman encok tak kalah besar khasiatnya dengan daun encok, khasiat biji tanaman encok yaitu dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan pada anak, untuk obat cacingan, untuk obat mata (penglihatan kabur) juga sebagai perangsang birahi.
Daun encok ini bersifat pahit, tonik, dan beracun. Karena sifat racunnya ini daun encok tidak boleh digunakan terlalu lama. Maksimal 30 menit agar kulit tidak melepuh.
Karena penggunaan obat herbal daun encok tak bisa sembarangan. Anda yang ingin mengambil khasiatnya untuk digunakan dalam pengobatan haruslah hati-hati. Sebaiknya pengonsumsian obat herbal ini selalu dibawah pengawasan dokter. Karena efek racun dari tanama ini bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Ramuan-ramuan 
  •   Mengobati rematik
Siapkan segenggam daun encok segar, cuci bersih lalu tumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya sampai adonan seperti bubur. Gunakan ramuan untuk melumas dan menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari. 
  • Mengobati sakit kepala
Siapkan daun encok secukupnya, lalu dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa sampai menjadi adonan seperti bubur. Letakkan adonan tersebut di pelipis dan bagian kepala yang sakit sebagai tapal. cukup 30 menit saja lalu buang supaya kulit tidak melepuh.
  •  Melancarkan buang air kecil
Ambil daun encok secukupnya, tambahkan adas pulosari lalu giling halus. Gosokkan ramuan tersebut di perut bagian bawah, tepat di posisi kandung kencing. Cukup 30 menit agar tidak terjadi lepuhan.
  • Mengobati kusta, skabies, dan penyakit kulit
Ambil akar daun encok, lalu cuci dan tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit susu dan air sambil diaduk merata sampai menjadi adonan seperti pasta. Oleskan ke bagian tubuh yang sakit.
  • Mengobati sakit pinggang
Siapkan daun encok segar sebanyak 15 gram lalu cuci bersih. Tambahkan kapur sirih sebanyak 1 sendok makan. Campuran ini lalu tumbuk sampai lumat, kemudian dibalurkan ke tempat yang sakit.




0 comments:

Posting Komentar

Next Posting Lama
DAUN ENCOK OBAT REMATIK - dbaryheri