Tidak ada yang menyenangkan selain berbagi hal yang positif dengan sesama.

TIPS NYAMAN MEMAKAI SEPATU HIGH HEELS (HAK TINGGI) - dbaryheri




Tidak semua wanita dianugerahi kaki yang jenjang. Hingga kemudian banyak yang memilih menggunakan sepatu high heels atau hak tinggi untuk menunjang penampilannya. Ada bermacam-macam sepatu tumit tinggi yang ada di pasaran, seperti stiletto, pump, wedge, dan lain-lain. Sayangnya sepatu high heels membuat si pengguna merasa terganggu saat memakainya.
Berikut beberapa tips menggunakan sepatu high heels yang nyaman :
1.        Ukuran sepatu yang pas
Mengukur kaki, sebaiknya tidak hanya panjangnya saja. Lebar kaki juga sebaiknya diperhatikan. Pengukurn sebaiknua dilakukan menjelang malam hari dengan posisi berdiri. Ukuran yang tidak pas hanya akan menambah beban dan nyeri pada kaki.

2.        Pilih sepatu dengan hak yang tebal
Sepatu dengan hak tebal akan mencegah tumpuan tertuju pada ujung atau bantalan depan telapak kaki saja. Kaki akan lebih stabil dan peregangan jaringan dan otot kaki tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan sepatu yang memiliki hak berbentuk kecil dan tajam. Sepatu jenis ini juga dapat meminimalisir gangguan tendon Achilles pada kaki.

3.        Ujung sepatu yang lebar
Sebisa mungkin hindari sepatu high heels dengan ujung runcing. Pilih sepatu yang memiliki ruang di ujung jari kaki. Sebaiknya jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri di bagian ujung  ataupun pinggiran jari kaki.


4.        Bahan yang lembut
Untuk meningkatkan rasa nyaman, sebaiknya pilih sepatu dengan bahan yang lebih lembut.

5.        Gunakan bantalan alas kaki
Kini tersedia berbagai jenis bantalan alas kaki yang dapat digunakan. Untuk sepatu hak tinggi anda dapat memanfaatkan bantalan alas kaki silikon metatarsal yang empuk. Dapat digunakan dengan cara diselipkan pada telapak kaki bagian depan untuk meredam guncangan.

6.        Pilih sepatu dengan ujung terbuka
Pilihan ini dapat membantu mengurangi tekanan pada ujung-ujung telapak kaki. Ini akan sangat membantu bagi yang mengalami gangguan pada kaki berupa penjolan di pangkalan ibu jari atau kelingking jari kaki.

7.        Derajat kemiringan sepatu
Sepatu yang memiliki hak sekitar 10 cm kemungkinan akan menukik tajam ke bawah, namun ada pula yang memiliki kemiringan yang bertahap. Sebaiknya pilih jenis yang kedua, untuk meminimalisir rasa nyeri pada bantalan telapak kaki yang terletak dibagian bawah ibu jari kaki.

8.        Meminimalisir penggunaan sepatu
Meski sepatu high heels cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilan, namun sebaiknya hindari menggunakan terlalu lama karena memiliki resiko kesehatan. Jika perlu, konsultasi dengan dokter atau ahli podiatri.

Bagi  Anda yang masih baru memakai sepatu high heels, alakah sebaiknya menguasai teknik-teknik berikut :
a.         Berjalan dengan langkah kecil
Berjalan dengan sepatu hak tinggi tidak seperti cara berjalan seperti yang Ada pelajari ketika masih kecil, jadi Anda harus melakukan hal-hal yang berlawanan. Ambil langkah kecil, pelan, pastikan untuk tidak menekuk lutut lebih dari biasanya. Semakin tinggi hak, semakin pendek langkah yang dihasilkan. Jangan mencoba melawannyadengan melangkah lebih lebar, tetap lakukan langkah kecil dan halus yang akan membuat cara berjalan Anda lebih alami dan membantu Anda merasa lebih nyaman.



b.      Melangkah dari tumit ke ujung kaki.
Tujuannya adalah untuk berjalan dengan hak tinggi senormal mungkin. Ketika memakai sepatu datar, Anda tidak melangkah dengan kaki bagian depan atau telapak kaki, bukan? Jadi, jangan lakukan ini ketika memakai hak tinggi. Pijakkan tumit lebih dulu, kemudian ikuti dengan ujung kaki. Kemudian, ketika berat badan bertumpu pada bagian antara jari dan telapak, pindahkan berat badan Anda ke depan sehingga Anda berjalan di ujung jari kaki, dan dorong ke depan untuk mengabil langkah berikutnya.

c.       Perbaiki postur tubuh
Berjalan dengan baik menggunakan hak tinggi sangat bergantung pada postur yang baik pula. Jika Anda berjalan dengan membungkuk atau langkah terseret, itu seperti Anda telah menaggalkan tujuan penggunaan hak tinggi, yaitu untuk terlihat nyaman dan percaya diri. Cara untuk mendapatkan postur yang sempurna adalah kepala harus sejajar dengan tulang belakang dan dagu sejajar dengan lantai, tarik bahu ke belakang dan turunkan, dan lengan santai di samping tubuh. Ayunkan lengan dengan ringan ketika melangkah untuk keseimbangan, libatkan otot perut, tarik bagian pusar ke arah tulang belakang. Ini akan membantu Anda berdiri lebih tegak sekaligus membuat Anda terlihat lebih langsing. Kemudian tekuk lutut sedikit, lutut tidak boleh lurus kaku ketika berjalan dengan hak tinggi. Rapatkak kaki saat melangkah dan ujung kaki lurus ke depan.




0 comments:

Posting Komentar

TIPS NYAMAN MEMAKAI SEPATU HIGH HEELS (HAK TINGGI) - dbaryheri