Tidak ada yang menyenangkan selain berbagi hal yang positif dengan sesama.

AKIBAT BURUK MAKAN TIDAK TERATUR - dbaryheri



Kebiasaan makan tidak teratur meningkatkan resiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.
Tenggelam dalam kesibukan kerja menjadi alasan utama yang menjadikan kita terlambat untuk makan.
Idealnya makan yang teratur adalah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari. Namun, banyak orang yang terkadang menyepelekan waktu makan. Hal inilah yang akan memunculkan berbagai penyakit salah satunya maag serta beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Gangguan Penyerapan Gizi

Dampak kebiasaan makan tidak teratur dapat mengakibatkan gangguan penyerapan gizi pada tubuh. Makan yang tidak teratur akan membuat hormon didalam tubuh menjadi tidak seimbang, di saat kita melewatkan makan siang, maka hormon kortisol akan meningkat sehingga hal ini bisa menyebabkan peningkatan pada berat badan.


Timbul Penyakit

Sering menunda makan dapat membuat berbagai penyakit bermunculan, akibatnya lambung tidak bisa menyesuaikan waktu kerjanya, sehingga dapat merusak bagian lambung itu sendiri.
Awalnya penderita akan mengalami serangan maag. Hal ini disebabkan oleh organ lambung kita tidak bekerja sesuai dengan waktunya. Lambung akan sangat tidak terbiasa dengan pola makan yang terus berganti-ganti. Bila hal ini dibiarkan begitu saja bisa saja terjadi kerusakan selaput lendir, disebut tukak atau ulcus pepticum. Selain itu, makan tidak teratur akan sangat berpengaruh pada berat badan terlebih lagi dapat mengakibatkan penyakit diabetes.
Beberapa gangguan kesehatan lainnya biasanya juga berdampak pada kebugaran tubuh. Biasanya orang seperti itu akan mudah merasa lelah hal ini disebabkan oleh lambatnya sistem metabolisme dan sangat mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem tubuh sehingga berdampak pada tubuh yang terlalu mudah merasakan lelah dan capek.


Mencegah Lebih Baik

Biasakan sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari karena sarapan penting untuk meningkatkan kinerja. Usahakan menyantap makanan utama secara teratur setiap harinya. Jika diantara waktu makan utama diisi dengan kudapan, harus diingat bahwa kudapan bukanlah pengganti makanan utama. Pilih kudapan berzat gizi seimbang, tinggi kadar kalori, lemak kolestrol, dan gula. Jangan lupa untuk selalu menyantap aneka ragam makanan yang mengandung sumber zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), dan zat pengatur (vitamin dan mineral).
Akan lebih baik jika jangan makan dalam jumlah berlebihan, terutama jika sudah terlambat makan karena pencernaan kita akan bekerja lebih keras dan dapat menyababkan berbagai gangguan seperti diare dan sakit perut. Sebaiknya hindari ngemil berlebih di luar makan utama.



0 comments:

Posting Komentar

AKIBAT BURUK MAKAN TIDAK TERATUR - dbaryheri